Kesalahan Yang Biasa Terjadi Saat Membersihkan Wajah

Edulobo – Berbagai aktivitas yang dijalani pasti tak pernah lepas dari polusi udara, sinar matahari serta debu yang bisa menempel pada permukaan kulit wajah sehingga memudahkan wajah bermasalah. Oleh karena itu sangat penting untuk membersihkannya. Jika tidak, jangan heran kalau kulit wajah akan bermasalah. Membersihkan wajah tentu merupakan suatu keharusan bagi setiap orang jika ingin memiliki wajah yang bersih, segar, sehat serta bebas dari berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, kering, kusam juga berminyak. Namun, walaupun membersihkan wajah merupakan keharusan bukan berarti kita bisa membersihkannya sembarangan. Nyatanya ada saja kesalahan membersihkan wajah yang sering banget dilakukan. Mau tahu apa saja?

membersihkan wajah

1. Penggunaan suhu air yang salah

Sebagian besar dari kamu pasti akan menggunakan air panas untuk membuka pori-pori dan air dingin untuk menutup pori-porinya. Padahal cara ini salah lho. Pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup sehingga tidak perlu melakukan hal ini karena penggunaan air panas justru akan membuat wajah kamu iritasi dan kering. Maka dari itu, mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan itu. Gantilah air untuk mencuci muka tersebut dengan air hangat saja agar kulit wajahmu aman.

2. Mencuci dengan tangan kotor

Telapak tangan adalah anggota tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai benda. Sayangnya benda yang sering banget dipegang tersebut memiliki berbagai macam kotoran dan bakteri dan semua itu akhirnya berkumpul jadi satu di telapak tangan. Nah, kalau kamu membersihkan wajah tanpa membersihkan telapak tanganmu dulu itu artinya sama saja kamu tengah memindahkan semua kotoran dan bakteri yang menempel ditangan ke wajah kamu. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan tangan kamu terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah, ya.

3. Sembarang dalam memilih produk

Kebanyakan dari kamu pasti memilih produk yang diiklankan di tv karena merek terkenal atau sekedar informasi dari teman yang berhasil menggunakannya. Padahal, nggak semua yang mereka pakai itu cocok untuk kulit kamu, lho. Makanya, kamu harus benar-benar pintar dalam memilihnya. Jika kamu salah dalam memilihnya, alih-alih bersih wajah kamu justru akan terkena masalah baru. Carilah produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar terhindar dari masalah kulit wajah seperti minyak berlebih, flek hitam, jerawat dan berbagai masalah lainnya.

4. Terlalu sering mencuci wajah

Membersihkan wajah memang diharuskan, tapi bukan berarti kamu bisa membersihkannya terlalu sering, apalagi sampai lebih dari tiga kali. Semakin sering kamu mencuci wajah maka akan semakin banyak mengeluarkan minyak. Hal ini disebabkan karena wajah memproduksi minyak untuk melembabkan kulit yang kering akibat terlalu sering mencuci wajah. So, bersihkanlah wajahmu sewajarnya saja, ya. Cukup dua kali setiap harinya, yakni pada pagi dan malam hari. Untuk kamu yang tidak beraktivitas di luar ruangan, tidak berkeringat, dan tanpa make up, kamu cukup membilasnya dengan air hangat saja pada malam hari.

5. Menggosok wajah dengan handuk

Setelah mencuci wajah biasanya kamu pasti akan menggunakan handuk untuk mengeringkannya dan mayoritas dengan cara menggosok handuk langsung ke permukaan wajah. Padahal cara ini jelas-jelas salah. Kalau kamu ingin wajahmu cepat kering, cukup tepuk-tepukan saja handuk pada kulit wajah. Tidak perlu digosok-gosok.

6. Membilasnya dengan terburu-buru

Sesuatu yang terburu-buru hasilnya tidak akan bagus, bukan? Ini juga berlaku pada wajah kamu. Membilas wajah dengan terburu-buru tidak akan efektif dalam menghilangkan minyak serta kotoran pada wajah. Kalau kamu ingin kulit wajah kamu benar-benar bersih dan fresh maka luangkan waktu minimal dua menit untuk mencuci wajah dengan benar. Pijatlah bagian dahi serta hidung yang biasanya memproduksi minyak berlebih secara lembut. Gunakan milk cleanser dengan mengusapkannya secara lembut dan perlahan. Lakukan cara ini sekita 30 detik untuk membersihkan sisa make up dan minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *