4 Penyebab Kopling Mobil Terasa Keras yang Perlu Anda Kenali

Edulobo – Saat ini, harga mobil bekas terbaru memang sangat beragam sehingga memudahkan masyarakat yang ingin memiliki mobil pribadi. Namun setelah membelinya, jangan lupa untuk segera melakukan pengecekan pada komponen mesin untuk memastikan keamanannya. Apalagi jika Anda merasa pedal kopling terasa keras saat diinjak.

harga mobil bekas terbaru

4 Alasan Kopling Mobil Terasa Keras

Pedal kopling adalah salah satu bagian mobil yang memainkan peran penting dalam mobil transmisi manual. Masalah pedal kopling yang keras atau berat saat diinjak bisa terjadi akibat:

1. Kabel kopling jarang dilumasi

Ketika kabel kopling jarang diberi pelumas, kabel kopling jadi lebih berisiko kering. Akibatnya, jangan heran kalau pedal kopling mobil Anda jadi terasa keras atau berat saat diinjak. Masalah ini biasanya ditemukan pada mobil yang belum menggunakan kopling hidrolik. Untuk mencegahnya, Anda bisa rutin melumasi kabel kopling dengan pelumas cair.

2. Cover clutch yang sudah usang

Alasan lain mengapa pedal kopling jadi terasa berat atau keras adalah komponen cover clutch yang ternyata sudah usang atau sudah tua. Cover clutch yang sudah usang akan berkurang fungsi dan daya tekannya. Ketika daya tekannya melemah, pressure plate jadi tidak bisa bekerja optimal dan transmisi jadi terasa sulit dilakukan. Solusinya adalah ganti cover clutch di bengkel resmi agar prosesnya bisa dilakukan teknisi berpengalaman.

3. Kampas kopling sudah aus

Di samping itu, penyebab pedal kopling mobil jadi terasa berat bisa jadi adalah kampas kopling yang sudah aus atau menipis. Malah, kampas kopling aus adalah penyebab paling umum mengapa pedal kopling jadi terasa berat atau keras ketika Anda injak. Jika dibiarkan terus-terusan, masalah yang lebih serius bisa terjadi, termasuk kerusakan pada komponen mesin lainnya. Jadi, jika kampas kopling benar sudah aus, segera ganti dengan kampas kopling yang sesuai dengan mobil Anda, ya!

4. Kebiasaan berkendara

Rupanya, kebiasaan Anda selama menyetir juga bisa jadi alasan pedal kopling terasa berat atau keras. Contohnya sering injak-lepas kopling dengan cepat, yang menyebabkan perpindahan transmisi jadi tidak sempurna. Efeknya, kampas kopling jadi cepat aus dan dampaknya seperti yang sudah dijelaskan dalam poin sebelumnya.

Itu dia 4 alasan umum pedal kopling mobil terasa berat atau keras saat diinjak. Dengan memperbaiki cara berkendara dan melakukan perawatan secara rutin, semoga Anda bisa terhindar dari masalah ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *