Begini Cara Menemukan Cover Jok yang Bagus untuk Mobil

Edulobo – Mudahnya mendapatkan mobil bekas murah dengan kondisi yang masih bagus tentu menguntungkan para calon pelanggan dengan budget terbatas. Dengan begitu, konsumen kelak dapat menggunakan sisa dana yang dimiliki untuk melakukan beberapa perombakan demi kenyamanan selama berkendara. Salah satunya adalah mengganti cover jok mobil.

Apabila Anda juga baru saja memperoleh mobil bekas dan ingin menukar pembungkus kursi kabinnya, simak tips mudah temukan produk cover jok mobil terbaik di bawah ini lebih dahulu.

mobil bekas murah

1. Memilih bahan cover jok mobil

Hal pertama yang sepatutnya Anda perhatikan saat memilih cover jok adalah jenis bahannya. Ada dua bahan yang umumnya digunakan, antara lain bahan kulit asli dan sintetis (kulit buatan). Kulit asli jelas lebih bagus karena anti-gores, tahan api, dan lebih awet. Hanya saja, harganya lebih mahal. Sementara cover jok dari kulit sintetis umumnya dibanderol dengan harga lebih murah, tetapi tingkat kualitasnya tentu tidak sebaik kulit asli. Beruntungnya, sejumlah produsen sudah menyediakan sarung jok kabin sintetis dengan kualitas cukup kuat.

2. Cara pemasangan cover jok mobil

Memasang cover jok tidak bisa Anda samakan dengan sarung bantal. Terdapat dua cara pemasangan yang dapat dipertimbangkan. Satu, paten, yakni metode pemasangan cover jok dengan mengganti bahan pelapis lama dengan yang baru. Dua, semi-permanen, yakni menimpa cover jok lama dengan yang baru tanpa perlu mengganti atau melepas sarung yang lama. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda simak sebelum memilih yang terbaik.

3. Pakai cover jok dengan pinggiran jahitan

Sebagian besar pemilik kendaraan masih jarang memperhatikan aspek ini, padahal pinggiran jahitan pada cover jok dapat memperindah nilai estetika kabin. Jahitan dalam hal ini biasanya berbentuk selang atau lis. Anda bisa meminta produsen untuk membuat pinggiran jahitan yang sesuai dengan cover jok, tetapi harga yang dikenakan tentu lebih mahal. Untuk itu, pemakaian pinggiran jahitan bersifat opsional karena tak akan membuat jok rusak atau risiko besar lainnya.

4. Prioritaskan bahan cover jok anti-air

Berbeda dari poin sebelumnya, poin ini tergolong wajib. Hal ini disebabkan supir atau penumpang tak jarang menumpahkan minuman atau cairan lain. Kadang mereka juga langsung masuk ke mobil setelah menembus hujan tanpa mengeringkan pakaian. Dengan bahan anti-air, cairan tak akan merembes langsung ke dalam jok. Anda juga lebih praktis membersihkan jok karena tak banyak kotoran yang menempel di permukaan.

5. Cover jok kebal terhadap paparan sinar UV

Selain anti-air, cover jok berkualitas tinggi juga sebaiknya tahan terhadap paparan sinar UV. Mengapa? Permukaan jok yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama, terutama saat diparkir di ruang terbuka, bakal cepat rusak atau sobek. Memberikan proteksi tambahan dengan sarung menjauhkan risiko tersebut. Selain itu, bahan cover jok yang tepat bakal membuat kabin tak cepat panas, sehingga Anda lebih nyaman mengemudi.

Warna, merek, dan model adalah aspek lain yang dapat Anda nilai saat memilih cover jok. Semoga informasi ini membantu Anda menemukan produk yang sesuai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *