Beragam Jenis Rujak di Indonesia

Edulobo – Ada banyak aktivitas sederhana yang bisa terasa seru dan menyenangkan jika dilakukan bersama. Salah satunya adalah makan bersama-sama. Selain rawon dengkul, orem-orem, pia mangkok, dan cwie mie, ada juga rujak cingur yang merupakan salah satu makanan khas Malang, maupun rujak buah yang cenderung lebih sederhana dan mudah dibuat kapan saja.

Memang, rujak merupakan salah satu makanan sederhana tetapi memiliki banyak sekali penggemar. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada sangat banyak jenis rujak yang ada di Indonesia? Nah, daripada penasaran, yuk langsung saja kita bahas:

makanan khas malang

Rujak Cingur

Sesuai dengan namanya, rujak ini memang menggunakan irisan cingur sebagai salah satu bahan pelengkapnya. Cingur sendiri merupakan mulut sapi. Untuk rujak ini, cingur diolah dengan cara direbus terlebih dahulu dan kemudian diiris ke dalam rujak. Selain cingur, rujak ini menggunakan buah seperti mentimun, bengkoang, dan mangga, serta pelengkap lainnya yaitu lontong, tahu, tempe, tauge, juga kacang panjang. Untuk bumbunya menggunakan bumbu yang terbuat dari petis.

Rujak Juhi

Rujak ini merupakan makanan khas Betawi yang masih bisa kamu temui dengan mudah di beberapa wilayah Jakarta. Makanan ini memiliki rasa gurih dan ciri khasnya yaitu menggunakan cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi dan pengeringan. Rujak ini tidak menggunakan buah, melainkan beberapa jenis sayuran. Untuk bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang.

Rujak Bebeg

Rujak bebeg merupakan rujak buah yang diolah dengan cara ditumbuk kasar bersama dengan bumbunya yang terdiri dari cabai, gula merah, terasi, dan air asam. Buah yang digunakan cukup banyak, seperti bengkoang, ubi muda, pisang muda, buah ceremai, nanas muda, kedondong, dan sebagainya. Semua buah tersebut dipotong tipis ke dalam sebuah cobeg yang agak tinggi dan ditumbuk menjadi satu.

Rujak Shanghai

Meskipun namanya rujak shanghai, tetapi ini merupakan salah satu kuliner unik yang ada di Indonesia. Mengapa unik? Karena rujak ini menggunakan ubur-ubur sebagai salah satu pelengkapnya. Dalam penyajiannya rujak ini juga menggunakan kangkung rebus, lobak, dan juhi yang kemudian disiram dengan saus kental berwarna merah. Terakhir taburi dengan kacang tanah tumbuk dan rujak ini siap disajikan.

Rujak Eskrim

Rujak disajikan bersama eskrim? Hmm, rasanya sangat unik sekali. Rujak yang digunakan adalah rujak buah serut yang kemudian diberikan eskrim pada bagian atas rujak. Untuk eskrimnya kamu bebas menentukan rasa yang disuka, tetapi jika ingin yang netral, maka jelas saja eskrim vanila menjadi pilihan yang tepat.

Wah, banyak ya ternyata jenis rujak di Indonesia, tidak hanya rujak buah yang umum kamu temukan di mana saja. Tentunya, setiap jenis rujak tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing yang membuatnya menjadi unik. Nah, di antara semua rujak di atas, mana nih yang paling sesuai dengan seleramu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *