Broodis Menswear Sukses dengan Strategi Digital

Edulobo – Broodis adalah brand clothing asal Jakarta yang berdiri sejak 7 tahun lalu. Broodis awalnya merupakan proyek iseng yang dimulai pada September 7 tahun lalu. Mereka melihat masih sangat sedikit brand pakaian pria yang bersaing di Instagram sebagai peluang untuk berjualan.

Broodis memiliki arti yaitu, “Broo” berarti laki-laki, dua O menggambarkan dua orang, yaitu dirinya sendiri dan sahabatnya yang menciptakan Broodis. Sedangkan dis adalah singkatan dari distro atau tempat berbelanja pakaian.

broodis

Mengapa Broodis Menswear Sukses Dengan Strategi Digital?

Ketika saya mulai berjualan, setiap minggu saya pergi dengan sepeda motor untuk membeli baju dari toko langganan saya di Tanah Abang. Sesampai di rumah, saya menelepon penjahit keliling untuk menentukan label merek pada baju dan menggantinya dengan label Broodis.

Berawal dari model bisnis dropshipper, pada akhir tahun lalu ia memutuskan untuk memulai produksi sendiri setelah memiliki modal yang cukup. Lokasi gudang dan kantor pengiriman kami berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, sedangkan lokasi produksi.

Sejak awal, Broodis telah berfokus untuk menjadi pengecer online & bazaar murni. Mereka memilih untuk tidak memiliki toko offline dan mengikuti event bazaar seperti Jakcloth, Trademark Bandung dan beberapa event brand ternama lainnya.

Kami juga fokus menggunakan semua platform online yang ada seperti Instagram dan Marketplace untuk berjualan. Hal ini dilakukan karena menurut kami berjualan online lebih hemat dan menguntungkan daripada harus membuka toko offline yang pasarnya sangat terbatas per wilayah.

Broodis sempat mengalami titik terendah. mengalami kerugian hingga ratusan juta akibat penipuan spesifikasi material yang dipesan oleh vendor. Untuk menjaga reputasi mapan para pemain Broodis, mereka memutuskan untuk memberikannya secara gratis kepada siapa saja yang tertarik pada saat itu.

Menurutnya, pemasaran Broodis dilakukan sepenuhnya secara digital, melalui channel Facebook, Google Ads, Endorsement hingga celebgrams, serta kerjasama dengan beberapa influencer ternama untuk mempromosikan produk Broodis.

Saat ini kami telah menjadi Authorized Merchant di hampir semua marketplace di Indonesia, status seller yang hanya bisa diraih dengan undangan atau jika brand tersebut memiliki reputasi yang cukup baik di pasar online.

 Hingga saat ini, kami telah mengolah dan menjahit material lebih dari 500.000 meter dan memiliki omzet puluhan miliar. Target utama Broodis adalah menjadi merek pakaian pria online nomor 1 di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.