Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Untuk Bunda Yang Masih Bingung

Edulobo – Setiap orang tua yang baru memiliki bayi tentunya ingin memberikan buah hati mereka yang terbaik. Untuk itu kalau ada penyakit yang menjangkit si kecil pastinya akan sangat tidak nyaman sekali. Terutama kepada bayi yang masih rentan sekali terhadap penyakit seperti kembung. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi kembung pada bayi yang bisa Anda lakukan.

Banyak hal yang bisa membuat bayi mengalami perut kembung. Untuk itu kalau Anda masih menjadi orang tua yang baru lebih baik Anda mempelajari bagaimana cara untuk mengatasi penyakit tersebut. Memang keluhan perut kembung ini seperti biasa saja tetapi tentunya akan berbeda dengan bayi yang masih belum memahami hal tersebut.

Mereka yang belum mengerti hal tersebut tentunya hanya mampu menangis ketika mengalami perut kembung atau tidak nyaman. Untuk itu beberapa cara di bawah ini dapat Anda lakukan ketika bayi mengalami perut kembung.

Cara Untuk Mengatasi Bayi Yang Sedang Mengalami Kembung

cara mengatasi kembung pada bayi

1. Letakkan Bayi Dengan Posisi Telentang

Saat kondisi bayi sedang mengalami kembung selalu usahakan posisi bayi selalu nyaman. Untuk itu sangat disarankan cara mengatasi kembung pada bayi adalah dengan menidurkannya secara telentang.

2. Usap Atau Pijat Perut Bayi Dengan Gerakan Memutar

Bunda juga bisa mengusap atau memijat perut bayi dengan gerakan memutar searah jarum jam. Usahakan untuk mengusapnya secara perlahan agar bayi juga tidak merasa kesakitan dan menambah tidak nyaman dengan perutnya yang sedang kembung.

3. Gendong Bayi Dengan Posisi Tegak Lalu Tepuk Punggungnya

Bunda juga bisa menggendong bayi bunda untuk menepuk pelan punggung si kecil supaya angin dalam perut bisa keluar. Biasanya hal ini dilakukan setelah bayi makan supaya dapat bersendawa, karena jika tidak bisa menyebabkan perut kembung pada bayi.

4. Tepuk Punggung Dengan Posisi Tengkurap

Letakkan bayi pada posisi tengkurap duduk atas paha lalu tepuk ringan punggung bayi dengan perlahan. Anda bisa melakukan ini dengan gerakan yang halus dan juga lembut untuk menghindari bayi merasa tidak nyaman.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk cara mengatasi kembung pada bayi. Setiap orang tua pastinya ingin hal yang terbaik untuk anaknya, sehingga Anda harus banyak belajar mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *