Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Dengan Tepat

Edulobo РSetiap orang tua tentunya tidak ingin anak mereka sakit karena jika anak sakit maka menyembuhkannya tidak semudah orang dewasa sakit. Salah satu anak-anak sakit disebabkan karena menurunnya daya tahan tubuh anak. Dimusim pancaroba seperti saat ini, daya tahan tubuh anak seringkali turun. Oleh karena itu, penting bagi kalian mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh anak. Ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan untuk para bunda  agar daya tahan tubuh anak bisa meningkat.

4 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ada beberapa cara yang tidak sulit agar daya tahan tubuh anak bisa meningkat. Sesuai dengan rekomendasi IDI maka berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar daya tahan tubuh meningkat.

cara meningkatkan daya tahan tubuh anak

1. Mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah dengan rutin mengkonsumsi buah serta sayuran. Keduanya akan membantu anak menjaga daya tahan tubuh mereka karena keduanya mengandung fitonutrien yang tinggi sebagai cara meningkatkan imun anak. Fitonutrien ini sendiri merupakan segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan termasuk sayur dan buah. Buah dan sayuran sendiri memang memiliki peran untuk produksi sel darah putih dan antibodi untuk melindungi permukaan sel agar kuat melawan virus.

2. Tidur cukup

Cara meningkatkan daya tahan tubuh anak selanjutnya adalah dengan istirahat atau tidur yang cukup. Bayi sendiri memiliki takaran tidur yang cukup banyak. Setidaknya, seorang bayi bisa tidur selama 12 hingga 16 jam per hari. Hal itu bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga tidak mudah sakit. Ketika bayi tidur, sistem kekebalan mereka akan berkembang. Selain itu, membiasakan sikecil memiliki jadwal tidur yang teratur juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar anak tidak mudah sakit.

3. Menjaga lingkungan bersih

Menjaga lingkungan bersih juga merupakan langkah tepat agar daya tahan tubuh anak meningkat. Cara ini sendiri merupakan cara yang datang dari luar yang mana daya tahan tubuh anak beerawal dari lingkungan yang bersih dan sanitasi yang higienis juga. Oleh karena itu, membersihkan rumah secara menyeluruh dengan seksama memang penting untuk menghindari penyebaran infeksi dan kuman penyakit termasuk untuk kuman diare dan pernafasan.

4. Berkan cukup ASI

Adapun langkah terakhir untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan memberikan ASI yang cukup. Pemberian ASI sendiri sangat banyak manfaatnya termasuk sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit. Hal itu disebabkan ASI mengandung antobodi dan sel darah putih yang mampu meningkatkan imun tbuh sikecil.

Itulah beberalah langkah yang bisa kalian lakukan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dengan beberapa cara tersebut maka kalian tidak perlu khawatir jika musim pancaroba telah tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *