Doa – Doa Pendek Yang Bisa Dibacakan Setelah Melaksanakan Sholat Fardhu

Edulobo – Berdoa memang merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh umat muslim kapanpun dan dimanapun. Seringkali orang berdoa setiap kali memiliki keinginan ataupun sedang menghadapi kesulitan. Dengan berdoa berarti kita telah meyakini bahwa segala sesuatu yang datang di hidup kita itu datangnya dari Allah SWT. Baik itu kesenangan maupun kesedihan itu merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.

Waktu – waktu untuk memanjatkan doa sebenarnya memang tidak terbatas, namun terdapat waktu – waktu mustajab untuk melantunkan doa – doa kita kepada Allah. Salah satu waktu tersebut adalah setelah selesai melaksanakan sholat fardhu. Itulah mengapa Rasulullah mengajarkan kepada umatnya jika setelah selesai sholat janganlah langsung berdiri dan beranjak dari tempatmu sholat.

Seharusnya pada waktu tersebut kita melanjutkannya dengan berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT karena itu merupakan waktu yang baik. Selain karena waktu tersebut merupakan waktu yang baik, berdoa setelah sholat fardhu juga baik karena kita masih berada dalam keadaan yang suci dan masih memiliki wudhu.

Lantas dzikir dan doa apa sajakah yang bisa kita lafalkan setiap setelah melaksanakan sholat fardhu? Berikut kita akan membahas tentang kumpulan doa dan bacaan setelah sholat fardhu yang bisa anda lakukan setiap selepas melaksanakan sholat fardhu.

bacaan setelah sholat fardhu

1, Membaca kalimat Istigfar sebanyak 3x

“Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih”

Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Membaca doa memberikan pujian serta memohon ampuna kepada Allah SWT

“Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’innqodiir”

Artinya : “Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3. Membaca doa memohon perlindungan dari siksa api neraka sebanyak 3x

Allahumma ajirni minan-naar” sebanyak 3x

Artinya : “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka”

4. Membaca doa pujian kepada Allah SWT

“Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam”

Artinya : “Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan.”

5.m Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil

Subhanallah” sebanyak 33x

“Alhamdulillah” sebanyak 33x

“Allahuakbar” sebanyak 33x

“Lailaha illallah” sebanyak 1x

6. Selanjutnya bisa disteruskan dengan membaca surat – surat pendek seperti Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas.

7. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Ayat Kursi

Setelah membaca urutan doa – doa diatas barulah anda bisa melanjutkan doa selanjutnya sesuai dengan maksud dan tujuan anda. Anda bisa menggunakan bahasa yang anda pahami untuk melantunkan doa tersebut atau anda juga bisa menggunakan doa – doa pendek berikut ini sebagai cara untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

  • Doa agar amalan kita di terima

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima).

  • Doa meminta keberkahan dan keselamatan dari Allah

“Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.”

Artinya : “Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.