Doa Nabi Sulaiman Dan Manfaat Dari Mengamalkannya

Edulobo – Dari total 25 nabi Allah, ternyata terdapat beberapa nabi yang diberikan kelebihan oleh Allah SWT. Salah satu nabi yang dipercayai menerima kelebihan atau mukjizat itu adalah nabi Sulaiman. Kelebihan yang dimiliki oleh nabi Sulaiman antara lain ia bisa berkomunikasi dengan hewan, selain itu ia juga diberikan kekayaan yang berlimpah oleh Allah SWT.

Tujuan Allah memberikan mukjizat tersebut kepada nabi Sulaiman tidak lain untuk membantu urusan dakwah nabi Sulaiman pada saat itu. Selain itu nabi Sulaiman dipilih Allah untuk mendapatkan mukjizat tersebut karena memang sifatnya yang sangat mulia. Bahkan kisah tentang nabi Sulaiman pun Allah sebutkan dalam Alquran sebanyak 27 kali. Itu merupakan pertanda bahwa nabi Sulaiman sangat mulia.

Selain memiliki kelebihan tersebut ternyata nabi Sulaiman juga dianugerahkan oleh Allah berupa kepintaran yang luar biasa. Bahkan bukti kecerdasan dari nabi Sulaiman sampai saat ini masih bisa dipergunakan oleh umat manusia yakni berupak konsep tentang pengambilan keputusan. Dari banyaknya hal tersebut kita semakin yakin bahwa nabi Sulaiman sungguh mulia dimata Allah SWT.

Ternyata segala kelebihan yang diperoleh nabi Sulaiman ini dikarenak nabi Sulaiman sering mengamalkan doa – doa yang bersumber daru Alquran. Doa tersebut kini lebih dikenal sebagai doa nabi Sulaiman. Inilah beberapa doa nabi Sulaiman yang bisa anda amalkan untuk beberapa urusan tertentu.

doa Nabi Sulaiman

1. Doa untuk mensyukuri segala nikmat Allah

“Rabbì awzì’nìì an asykura nì’mataka latìì an’amta ‘alayya wa’alaa waalìdayya wa an a’mala shaalìhan tardaahu wa adkhìlnìì bìrahmatìka fìì’ìbaadìkash shaalìhììn,”

Artinya: “Ya tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh,” (QS An-Naml: 19).

Dengan memanjatkan doa tersebut berarti kita sadar betul bahwa segala sesuatu yang kita dapatkan di dunia ini datangnya dari Allah dan kita mensyukuri segala nikmat dan hidayah tersebut.

2. Doa untuk memperoleh kekayaan dari Allah

“Rabbìghfìrlìì wahablìì mulkulla yanbaghìì lì’ahadììm mìn ba’dìì, ìnnaka antal wahhaabu,”

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi,” (QS Shad: 35).

Dengan mengamalkan doa ini maka kita memohon kepada Allah agar diberikan kekayaan yang hanya bersumber dari Allah SWT sehingga titipan harta tersebut nantinya akan menjadi berkah bagi banyak orang.

3. Doa untuk mengusir jin

“Allohumma adkhilna fi suri sulaimana wa mulki sulaimana minal masyriqi ilal maghrib bi dzatihi wa shifatihi wa af’alihi wa quwwwatihi.

Ya robba jibrila wa mikaila wa isrofila wa ‘azroila. Wa mulku sulaimana minal masyriqi ilal maghribi,jinnan wa insan wa rihan wa ghomaman,tasliman katsiron . Wasubhanahu wa ta’ala jalla jalaluhu wa kamaluhu ‘aliman.

Ya iblisu… (3x) wasy syayathinu sakinan fizhulumati.

Robbana taqobbal minna du’a`a sulaimana, wa shollallohu ‘ala sulaimana wa ‘ala sa_iril anbiyai birohmatika ya arhamar rohimin.

Artinya: “Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya. Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibrail, Mikail, Israfil, dan Izrail.”

“Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, berserta keselamatan yang banyak. Maha suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu, wahai iblis, wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan.”

“Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *