Dua Posisi Tidur yang Nyaman dan Aman untuk Penderita Skoliosis

Edulobo – Melakukan perawatan skoliosis pada klinik tulang belakang penting dilakukan untuk mencegah semakin buruknya kondisi skoliosis dan memperbaiki kondisi tulang belakang. Metode perawatan skoliosis yang diberikan pada klinik pun bisa beragam, mulai dari penggunaan brace hingga fisioterapi atau latihan yang bisa mudah Anda praktikan, sehingga tak akan membebani tulang belakang. Sebagai contoh, Anda bisa melihat jenis-jenis terapi memadai di https://scoliosiscare.id/scoliosis/perawatan-skoliosis/.

Selain melewati serangkaian latihan dalam terapi, Anda juga biasanya dianjurkan untuk menjaga postur tubuh saat melakukan aktivitas tertentu, salah satunya tidur. Karena kondisi tulang belakang Anda lebih riskan bermasalah saat tak bisa dikendalikan selama sedang tertidur.

perawatan skoliosis

Dianjurkan tidur pada permukaan keras

Dikutip dari laman Kompas.com, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Rumah Sakit Pondok Indah dr. Muki Partono SpOT mengungkapkan, penderita skoliosis disarankan tidur pada alas keras alih-alih kasur empuk. Menurutnya tidur pada permukaan tersebut akan menjaga bentuk maupun posisi tulang belakang.

Seperti yang diketahui, skoliosis yang dialami sejumlah orang bukan hanya berisiko mengubah bentuk tulang belakang, melainkan juga bantalan dan cakram pada tulang. Sehingga saat dibiarkan terlalu lama, Anda bakal sering merasakan nyeri punggung akibat gangguan saraf di bagian tersebut. Risiko ini pun akan bertambah parah saat Anda tidur di permukaan empuk, sebab tulang belakang akan menopang beban yang lebih berat.

Posisi tidur yang aman untuk penderita skoliosis

Membayangkan tidur di permukaan keras seperti lantai pasti bakal membuat Anda kurang nyaman. Namun, hal tersebut masih bisa Anda siasati dengan menjaga posisinya. Adapun dua posisi tidur yang disarankan bagi penderita skoliosis, antara lain:

  • Posisi miring atau menyamping

Selain baik untuk mereka yang memiliki tulang sehat, posisi miring dan menyamping pun bermanfaat bagi penderita skoliosis. Anda yang punya kondisi tersebut cukup menambahkan bantal untuk menyangga bagian punggung untuk mengurangi tekanan pada bahu. Kemudian, tempatkan lagi satu bantal untuk dijepit seperti guling. Tujuannya adalah meredakan nyeri pada punggung dan membuat Anda bangun dalam keadaan lebih segar di pagi hari.

  • Posisi terlentang

Posisi tidur lainnya yang direkomendasikan untuk penderita skoliosis adalah terlentang. Sama seperti posisi miring atau menyamping, Anda perlu menambahkan bantal berukuran kecil yang berfungsi untuk menyangga punggung bagian bawah. Taruh satu bantal lagi di bagian belakang leher. Anda juga bisa memakai handuk gulung kalau merasa tak nyaman memakai bantal. Tujuan penempatan bantal di leher adalah menjaga posisi agar tulang belakang tetap lurus dan mencegah rasa sakit.

Memutar lagu yang menenangkan dan mengonsumsi makanan atau minuman yang membuat tubuh relaks akan membantu Anda tidur dalam posisi-posisi ini. Jadi, skoliosis yang Anda derita pun tak akan bertambah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *