Ini Lho Ciri – Ciri Kulit Kombinasi

Edulobo – Kulit kombinasi dapat anda rasakan ketika terkadang kulit wajah anda terasa kering akan tetapi terkadang kulit wajah anda terasa lebih berminyak. Berbeda dengan jenis kulit lainnya, kulit kombinasi memang memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Apa itu kulit kombinasi? Jenis dari kulit ini mempunyai beberapa macam seperti kulit kombinasi cenderung berminyak, cenderung kering dan kombinasi sensitive. Bahkan terkadang wajah terasa sangat berminyak dan kering di saat yang bersamaan.

apa itu kulit kombinasi

Ciri – ciri kulit kombinasi

Untuk mengetahui apa itu kulit kombinasi atau tidak ada beberapa ciri – ciri kulit kombinasi yang dapat anda kenali seperti pori – pori kulit yang besar terutama di daerah hidung dan dahi, area kulit bagian dahi dan dagu cenderung berminyak, kulit bagian bawah mata dan pipi cenderung kering, ketika akan tiba masa haid maka kulit akan cenderung berjerawat dan ketika haid sudah selesai jerawat akan hilang.

Cara mewarat kulit kombinasi

Untuk merawat kulit kombinasi ini tentunya diperlukan ketelatenan anda dalam merawatnya. Hal ini karena apabila anda tidak telaten maka kulit anda tidak akan menjadi lebih baik justru akan menjadi lebih buruk.

1. Pilih facial wash yang baik dan sesuai

Agar kulit anda tetap terawat dan sehat salah satunya adalah dengan memilih facial cleanser yang baik dan sesuai dengan jenis kulit. Ketika anda salah dalam memilih cleanser yang tidak sesuai maka akan membuat kulit wajah mengalami perubahan seperti lebih berminyak ataupun malah menjadi lebih kering. oleh karena itulah pastikan tekstur yang dimiliki oleh facial cleanser anda lembut, ringan dan mengandung formula yang aman bagi kulit wajah.

Setelah mengaplikasikan facial cleanser anda dapat membasuhnya dengan menggunakan air hangat. Hal ini karena air hangat mampu merelaksasikan otot di sekitar wajah dan membantu memperlebar pori – pori kulit. Sehingga anda lebih mudah dalam membersihkannya.

2. Gunakan toner

Dengan menggunakan toner akan sangat membantu dalam membersihkan kulit wajah dari sisa kotoran, make up dan minyak yang tidak terangkat ketika anda bersihkan. Selain itu dengan menggunakan toner juga mampu menghilangkan minyak berlebih dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

3. Gunakan sunscreen

Ketika memilih sunscreen pastikan anda mengaplikasikannya dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar UV. Agar mampu mengurangi kandungan minyak di wajah pilih sunscreen dengan kandungan yang non-comedogenic dan bebas minyak.

4. Lakukan eksfoliasi

Untuk merawat kulit kombinasi dengan maksimal anda sangat dianjurkan untuk eksfoliasi kulit minimal seminggu sekali untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan membersihkan pori – pori wajah agar tetap bersih, menjaga kelembaban area wajah yang kering. anda dapat menggunakan eksfoliator yang mengandung scrub sebagai langkah untuk eksfoliasi.

Itulah beberapa ciri dan langkah merawat apa itu kulit kombinasi. Dengan melakukan perawatan dengan benar tentunya anda akan mendapatkan kulit yang sehat dan perlahan akan berubah menjadi kulit yang normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.