Jangan Asal, Ini Tips Sesuaikan Sofa dengan Ukuran dan Desain Ruangan 

Edulobo – Dalam menata ruangan, Anda tak hanya membutuhkan tips agar interior ruangan Anda terkesan menarik dan nyaman untuk ditinggali. Salah satunya adalah pemilihan desain sofa. Tak hanya memilih sofa murah saja, namun ada juga beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan. Agar tampilannya makin proporsional, pastikan Anda terapkan beberapa tips berikut ini.

sofa murah

Buat Denah di Mana Sofa akan Diletakkan

Poin yang satu ini tak membutuhkan keahlian yang khusus. Cukup selembar kertas dab pulpen Anda sudah bisa membuat sketsa dengan ukuran ruangan dan sofa. Anda hanya perlu membuat replika kecil ruangan Anda dan bandingkan dengan ukuran sofa yang hendak dibeli. Dengan begitu maka Anda bisa melihat apakah hasilnya sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Tak hanya itu saja, poin ini juga akan lebih memudahkan Anda untuk membandingkan sofa tersebut dengan furnitur yang ada di sekelilingnya. Pastikan jika ada keselarasan antara desain sofa yang Anda pilih dengan perabotan di sekitarnya. Dengan begitu Anda bisa tahu desain sofa mana yang paling tepat dipilih apakah sofa minimalis atau sofa bed.

Pasang Selotip Di Lantai untuk Memperkirakan Ukuran Sofa

Jika Anda sudah menemukan sofa incaran, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah gunakan selotip untuk menandai ukurannya pada ruangan tempat sofa tersebut nantinya diletakkan. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan yang lebih realitas dibanding dengan poin sebelumnya. Bahkan Anda juga bisa melihat perbandingannya dengan lebih jelas.

Selain itu, tak ada salahnya Anda membayangkan perspektif yang berbeda pula ketika membayangkan instansi marka sofa yang satu ini. Pasalnya tanpa ketinggian yang jelas memungkinkan Anda untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya saja dari arah pintu masuk atau jendela.

Perhatikan Skala dan Proposi Antar Furnitur

Idealnya sebuah ruangan harus memiliki objek yang skalanya sama. Misalnya saja penggunaan sofa berukuran besar akan terasa sedikit aneh jika dipadukan dengan kursi yang berukuran mungil. Jadi agar tampilannya terkesan sesuai dan tidak aneh, pastikan Anda memperhatikan aransemen antara sofa dengan furnitur lainnya di sekitarnya agar tidak jauh berbeda.

Sedangkan dari segi proposinya yakni interaksi antara objek dengan keseluruhan ruangan tersebut. Ruangan yang besar tentunya membutuhkan sofa dengan ukuran yang besar pula. Contohnya saja penggunaan sofa bed ukuran double. Sedangkan untuk ruangan berukuran kecil, Anda bisa menggunakan sofa minimalis dengan ukuran hanya dua kali tempat duduk.

Perhatikan Variasi Bentuk Ruangan yang Dimiliki

Perlu Anda ingat jika tidak semua ruangan akan sesuai dengan jenis sofa pilihan Anda. Kuncinya apa saja jenis sofa yang dipilih baik itu sofa minimalis maupun sofa bed peletakannya harus tepat. Sofa sendiri bisa diletakkan pada bagian tengah ataupun bersebelahan dengan dinding. Hanya saja untuk ruangan sofa desain open space lebih disarankan menggunakan set sofa yang seragam.

Pilih Desain yang Mampu Membuat Ruangan Terkesan Berbeda

Poin yang satu ini sama pentingnya dengan desain dan ukuran sofa dengan variasi ruangan. Penting juga bagi Anda memilih sofa dengan desain yang tepat. Mengapa demikian? Sebab sofa sering sekali menjadi titik fokus sebuah ruangan. Jadi penting bagi Anda untuk menentukan strategi dan memilih sofa yang mampu membuat ruangan tersebut terkesan berbeda dari biasanya.

Memilih sofa ternyata juga tak boleh dilakukan dengan sebarangan. Nah di atas sendiri merupakan beberapa tips mudah memilih sofa sesuai dengan ukuran dan desain ruangan. Jadi jangan hanya berpatok pada harga saja ya, pastikan Anda juga mempertimbangkan poin di atas. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan promo furniture murah dengan penawaran yang menarik hanya di toko furniture online fabelio.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *