Lakukan Hal ini Saat Gempa Terjadi Supaya Tetap Aman

Irshady – Banten mengalami gempa dengan kekuatan 6,7 SR pada tanggal 14 januari tahun 2022, gempa yang satu ini terasa di berbagai daerah termasul lampung, Bekasi, hingg Bandung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi jika gempa bumi ini terjadi di 7.01 LS dan 105.26 BT atau 52 km barat daya Sumur, Banten. Kedalaman titik gempa 10 KM.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mengatakan jika setelah gempa awal terjadi ada juga gempa susulan yang kekuatannya sebesar 5,7 SR. BMKG juga selalu menghimbau masyarakatnya untuk tetap berhati-hati dan jangan mudah untuk terpengaruh oleh isu yang tidak benar.

Dari kejadian gempa in iada bebera rumah yang ada di daerah pandeglang rusak. Tercatat jumlah rumah yang rusak ini mencapai 738 unit. Data ini juga bisa saja terus bertambah. Kerusakan rumah ini ada yang rusah berat dan ada juga yang rusak ringan.

Saat gempa bumi terjadi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya Anda bisa tetap selamat, hal- hal tersebut diantaranya ada:

Ingat prinsip drop, cover, dan hold on

Jika Anda sedang ada didalam ruangan saat gempa terjadi sebaiknya Anda ini harus ingar prispip ini dengan menjatuhan diri Anda ke tana kemudian berlindung di bawah meja yang kokoh atau benda kuat lainnya, tetap diam hingga guncangannya berhenti. Jika Anda tidak menemukan meja Anda ini bisa melindungi kepala serta wajah Anda dengantangan lalu jongkon di sudut gedung sampai gempa berhenti. Jauhilah dinding luar, pintu, jendela, kaca, dan berbagai benda lainnya yang bisa jatuh.

Tetaplah diam diruangan hingga guncangan berhenti

Anda ini disarankan untuk tetap diam sampai guncangannya berhenti, hal ini supaya saat keluar jadi lebih aman. Karena dari berbagai riset ini orang yang cedera saat gempa ini biasanya orang yang berusaha keluar tapi guncangannya masih terjadi.  jika panic untuk keluar, hal tersebut justru akam meningkatkan resiko kota tertimpa puing-puing bangunan, jadi coba untuk diam dulu sampai guncangannya berhenti ya.

Jangan gunakan lift saat gempa

Sama dengan saat terjadi kebakaran kita ini memang tidak dianjurkan untuk menggunakan lift dan juga tangga berjalan ketika gempa. Supaya lebih aman lebih baik menggunaka tangga darurat saja, karena saat gempa terjadi poros lift ini bisa langsung jatuh. Jadi lift ini bisa jadii salah satu perangkap yang berbahaya saat gempa. Selain itu listrik juga bisa langsung terputus saat gempa.  Jadi jika Anda sedang di dalam lift lalu merasa gempa segera tekan tombol lantai paling cepat supaya Anda bisa keluar dari lift.

Carilah area terbuka

Cara yang paling baik adalah dengan pergi ke area yang terbuka dan usahakan area tersebut jauh dari tiang listrik, gedung, pohon, dan berbagai benda lainnya. Saat gempa terjadi Anda bisa pergi ke tanah kosong, padang rumput, hingga ke lapangan olah raga yang ada di luar. Supaya lebih aman lindungi juga kepala kita degan helm. Saat gempa terjadi juga tetap waspada takutnya ada puing- puing yang jatuh dan benda lainnya yang berterbangan.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat gempa terjadi, ingat selalu untuk tetap tenang dan janganlah panic karena kesehatan Anda adalah yang utama. Semoga berita banten hari ini bisa bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.