Macam-macam Golongan Obat Alergi

Edulobo – Beberapa orang mungkin pernah mengalami alergi, baik alergi ringan  ataupun berat. Alergi merupakan suatu kondisi tubuh seseorang dimana memberikan reaksi yang berlebih terhadap suatu zat, yang mungkin saja tidak menimbulkan reaksi apapun pada sebagian orang. Sebenarnya tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan alergi tetapi yang ada hanya meredakan reaksi alergi. Alergi yang bisa ditimbulkan adalah berupa bersin-bersin, hidung tersumbat, pilek, gatal-gatal, ruam kulit kemerahan hingga alergi serius yang menyebabkan pembengkakan pada wajah dan sulit bernafas. Pengobatan dapat diberikan dengan bentuk sediaan tablet, obat sirup, nasal spray, obat suntik dan krim. Pada umumnya sebagian Cetrizine dapat dibeli tanpa resep namun sebagian obat tertentu harus dengan resep dokter.

Obat alergi terdiri dari berbagai macam golongan, yaitu sebagai berikut :

obat alergi

1. Decongestant

Obat alergi decongestant berguna untuk meredakan gejala alergi yang berhubungan dengan salut pernapasan dan sinus. Jika anda memiliki riwayat darah tinggi, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini karena obat ini memiliki efek samping meningkatkan tekanan darah dan sakit kepala. Biasanya obat decongestant dikombinasikan dengan obat alergi lainnya seperti antihistamin, yaitu dengan Cetrizine dengan pseudoephedrine, loratadine dengan pseudoephedrine.

2. Kortikosteroid

Gejala alergi dengan cara meringankan inflamasi adalah salah satu  yang bisa diredakan oleh obat golongan kortikosteroid. Salah satu alergi yang bisa diredakan adalah bersin-bersin dan pilek. Sedangkan contoh obat golongan kortikosteroid untuk mengatasi alergi mometasone, methylprednisolone dan triamcinolone. Obat alergi ini tersedia dalam bentuk sediaan tablet, nasal spray, inhaler dan krim.

3. Antihistamin

Cara kerja obat alergi golongan ini adalah dengan memblok histamin yaitu zat yang dihasilkan sistem imun ketika reaksi alergi. Manfaat penggunaan antihistamin adalah untuk meredakan gejala seperti pilek, mata berair gatal-gatal dan bengkak. Penggunaan obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk, sehingga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas seperti menyetir, pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, pengoperasian alat berat, dll. Contoh obat alergi yang termasuk dalam golongan ini adalah Cetrizine. Cetrizine obat apa? Cetrizine adalah obat dimana berfungsi untuk meredakan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh alergi yang biasanya menimbulkan demam.

4. Mast Cell Stabilizers

Cara kerja dari obat alergi ini adalah dengan cara menghambat zat yang memicu reaksi alergi pada tubuh. Jika pengobatan dengan antihistamin tidak memberikan efek apapun terhadap reaksi alergi anda, maka obat ini bisa menjadi pilihan penggantinya. Pembelian obat ini harus disertai dengan resep dokter.

5. Leukotriene inhibitors

Sama seperti obat alergi golongan Mast Cell Stabilizers, obat ini pun pembeliannya harus disertai dengan resep dokter. Cara kerja obat ini mampu meredakan reaksi alergi dengan memblok zat yang memicu reaksi alergi yang disebut dengan leukotrien. Obat ini merupakan obat keras dan penggunaanya harus diawasi oleh dokter karena memiliki efek samping yang menyerang psikologis seperti kecemasan, depresi dan sulit tidur.

6. Allergen Immunotherapy

Obat alergi ini adalah obat untuk perawatan atau terapi yang cara kerjanya memaparkan tubuh dengan allergen dengan dosis sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang panjang dan meningkatkan paparannya terus menerus. Obat ini  bertujuan untuk melatih tubuh agar terbiasa dengan zat yang menyebabkan alergi tersebut sampai tidak terjadi reaksi lagi. Cara penggunaan terapi ini adalah dengan menyuntikkan allergen 1-2 seminggu atau menggunakan tablet yang disimpan di bawah lidah.

7. Suntikkan epinephrine

Pemberian obat alergi golongan suntikan ini khusus digunakan pada reaksi alergi yang mengancam jiwa. Contohnya pada kasus alergi yang menyebabkan pembengkakan saluran nafas hingga mengalami kesulitan untuk bernafas. Kasus ini biasanya ditemukan pada alergi yang disebabkan oleh makana atau sengatan serangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *