Mengenal Domain Jauh Lebih Dekat

Edulobo – Jika kamu adalah pemilik sebuah website, kamu pasti tahu apa itu domain kan? Namun bagi beberapa orang awam kata-kata domain mungkin masing asing di telinga mereka. Lalu apa sih domain itu? Domain adalah nama alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi websitemu. Lalu bagaimana bisa ada domain di dunia ini? Bagaimana beli domain Indonesia? Penasaran? yuk simak sejarah domain berikut ini.

beli domain Indonesia

Munculnya Domain (1985)

Pada 15 Maret, tahun 1985 domain muncul untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti server web. Kemunculan domain diharapkan mampu mempermudah pengguna atau pengunjung internet lainnya dalam melakukan akses ke berbagai server yang ingin mereka tuju tanpa harus menghafal deretan angka atau alamat IP. Nama domain yang pertama muncul adalah sybolics.com yang digunakan oleh sebuah perusahaan komputer, Symbolics, Inc. Perusahaan komputer dari Massachusetts, Amerika Serikat ini merupakan perusahaan pertama yang mendaftarkan nama domainnya, meskipun kini pemilik domain tersebut telah berganti pada 1989 lalu.

Harga Pendaftaran Untuk Domain (1995)

Pada tahun ini teknologi semakin berkembang dan semakin banyak orang yang menaruh minat untuk membuat nama domain mereka sendiri. Sebelum tahun 1995, orang-orang bisa mendaftarkan nama domain mereka secara gratis. Namun pada tahun 1995 semua berubah, National Science Foundation (NSF) kemudian menetapkan tarif harga untuk setiap pendaftaran domain. Pada waktu itu kamu harus menyiapkan uang sekitar 100 dolar US untuk bisa membeli domain murah yang bisa aktif selama dua tahun.

Munculnya DNS (Domain Name System) (1998)

Kamu pasti sering mendengar dengan istilah DNS ini. DNS merupakan proposal privatisasi domain yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan dari Amerika Serikat pada tahun 1998. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kompetisi di pasar, yang akhirnya keputusan tersebut di protes oleh para aktivis internet yang membuat munculnya ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. ICANN berfungsi untuk mengarahkan pengelolaan dan prosedur, akses internet, menjamin kestabilan serta keamanan operasi jaringan.

Lahirnya UU Perlindungan Nama Domain (2003)

Karena saking populernya dan banyak yang memutuskan untuk membuat domain mereka sendiri, maka tak sedikit pula masalah yang muncul. Pada waktu itu, pada tahun 2000-an terdapat banyak penipu yang muncul di Amerika Serikat yang mengarahkan pengunjung ke situs porno. Ditambah banyak penipuan nama domain murah. Kamu harus bisa memilih provider yang tepat saat beli domain Indonesia agar tidak tertipu juga ya.

Pengguna Domain yang Meningkat (2017)

Kini pengguna domain sudah meningkat dan terus meningkat hingga saat ini. Tidak hanya pengguna domain pribadi, banyak juga yang membeli nama domain untuk perusahaan dan organisasinya. Sejak 2017, peningkatan pengguna domain sudah mencapai lebih dari 359,8 juta nama domain yang terdaftar, dan angka itu terus bertambah setiap harinya.

Beli Domain Indonesia Murah

Jika kamu ingin memiliki nama domain untuk website sendiri, kamu bisa mencoba beli domain Indonesia disini di Dewaweb. Kamu akan mendapatkan harga murah dan bisa melakukan cek domain untuk mencari apakah nama domain yang kamu inginkan available atau tidak. Dengan beli domain Indonesia disini, kamu juga bisa memiliki beberapa nama domain sekaligus. Dewaweb juga menyediakan hosting web yang bisa kamu beli. Proses beli domain Indonesia dan hosting web sangat mudah disini. Kamu hanya perlu klik mana yang kamu butuhkan dan walla kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *