Pengertian Saham Preferen Beserta Keuntungan Dan Jenis – Jenisnya

Edulobo – Saham preferen merupakan salah satu jenis saham yang bisa diperjualbelikan di Bursa Efek. Pemilik atau pemegang saham jenis ini mempunyai hak lebih daripada pemegang saham biasa.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis saham, yakni saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock). Namun, yang akan dibahas disini hanya seputar jenis saham preferen saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini akan dijelaskan pengertian saham preferen beserta keuntungan dan jenis – jenis saham.

jenis - jenis saham

1. Pengertian Saham Preferen

Saham preferen atau yang disebut juga dengan saham istimewa merupakan jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemiliknya atas aset dan laba perusahaan. Jenis saham ini merupakan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi pemegangnya.

2. Keuntungan Saham Preferen

Saham preferen merupakan jenis saham yang memiliki hak istimewa, antara lain :

  • Saham preferen mendahulukan pembagian dividen daripada pemegang saham biasa.
  • Pemegang saham preferen memiliki hak pembayaran dividen tetap yang besarannya sama dengan (bunga) deposito.
  • Jika perusahaan dilikuidasi atau bangkrut, maka pemegang jenis saham ini akan diprioritaskan untuk mendapatkan aset perusahaan maupun pembayaran kembali permodalan.
  • Jenis saham preferen ini bisa ditukarkan dengan saham biasa.
  • Jenis saham preferen ini juga ada yang diperjualbelikan di bursa saham, namun ada juga yang tidak, tergantung perusahaan tersebut.

Itulah hak – hak istimewa pemegang saham preferen sekaligus keuntungan jenis saham ini yang bisa menjadi pertimbangan dalam investasi saham.

3. Jenis – Jenis Saham Preferen

Saham preferen dibagi menjadi lima jenis saham, yaitu :

  • Saham Preferen Partisipasi (Participating Preferred Stock)

Jenis saham preferen ini akan memberikan pemegangnya dividen tambahan berdasarkan kondisi yang sudah ditentukan. Contohnya, saat jumlah dividen yang diterima pemegang saham biasa melebihi jumlah per saham yang sudah ditetapkan.

  • Saham Preferen Konvertibel (Convertible Preferred Stock)

Jenis saham preferen yang bisa dikoversi atau ditukar ini menyertakan opsi bagi pemegangnya untuk mengubah saham preferen menjadi sejumlah saham biasa setelah tanggal yang ditentukan.

Saham preferen bisa ditukar atas permintaan langsung pemegang saham atau berdasarkan ketentuan perusahaan. Nilai saham preferen bisa ditukar didasarkan pada kinerja saham biasa.

  • Saham Preferen Disesuaikan (Adjustable Rate Preferred Stock/ARPS)

Jenis saham preferen ini akan membayar dividen yang bervariasi. Nilai dividen dari jenis saham ini ditentukan berdasarkan pergerakan kurs dan suku bunga acuan.

Jadi, jumlah pembayaran dividennya tidak tetap atau disesuaikan. Nilai deviden bisa turun jika suku bunga acuannya turun, begitu pun sebaliknya.

  • Saham Preferen Yang Dapat Ditebus (Callable Preferred Stock)

Jenis saham preferen ini bisa ditebus oleh penerbit atau perusahaan pada nilai yang telah ditetapkan sebelum tanggal jatuh tempo. Biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh pembiayaan karena menggabungkan ekuitas serta utang.

  • Saham Preferen Kumulatif (Cumulative Preferred Stock)

Jenis saham preferen ini mengharuskan perusahaan untuk membayar semua dividen, termasuk juga tunggakan dividen sebelumnya kepada pemegang saham preferen ini. Harus didahulukan daripada pemegang saham biasa.

Jenis saham preferen memang menawarkan keuntungan lebih dibandingkan dengan saham biasa. Namun, jika membelinya susah dan membutuhkan modal ratusan juta bahkan hingga miliran rupiah, sementara kemampuan finansial tidak ada. Tenang, dengan membeli saham biasa pun kamu masih bisa mendapatkan cuan, serta tetap berhak atas dividen perusahaan dan ikut RUPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.