Pentingnya Mengatur Berat Badan Ketika Hamil

Edulobo – Saat kehamilan terjadi yang di bayangkan oleh wanita pasti adalah kenaikan berat badan yang akan di alami. Kenaikan berat badan ketika hamil memang sebuah hal yang pasti terjadi dan hal tersebut merupakan hal yang sangat normal. Kenaikan berat badan ini bisanya naik dimulai dari awal kehamilan. Tapi untuk beberapa kasus ada juga yang mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan dikarenan mual hingga kamu muntah dann tidak bisa makan apapun, namun jika hal itu terjadi kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut umum terjadi tapi bila berat badan terus menurun sebaiknya kamu segera konsultasikan masalah tersebut ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik. Untuk mengatur berat badan saat hamil ada berbagai cara, tapi cara yang paling mudah adalah kamu bisa menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil untuk membantu kamu menghitung berat badan yang ideal. Ada beberapa alasan yang mengharuskan kamu untuk mengatur berat badan saat hamil diantaranya:

kalkulator berat badan ibu hamil

  • Obesitas bisa Menyebabkan Keguguran

Ketika kamu hamil dan mengalami kenaikan beratsecara berlebihan atau bisa di sebut  obesitas sebaiknya kamu berhati hati karena hal tersebut bisa sangat membahayakan kamu dan juga janin karena bisa menimbulkan risiko keguguran. Jadi saat hamil sebaiknya tetap atur pola makan kamu ya dan usahakan kenaikan berat badan kamu maksimal sebanyak satu sampai dua kilo setiap bulannya.

  • Bisa mengalami diabetes gestasional

Diabetes gestasional  ini merupakan penyakit yang bisa terjadi selama kehamilan. Jadi untuk menghindari penyakit ini sebaiknya kamu wajib mengatur pola makan kamu ya.

  • Janin terlalu besar

Jika saat kehamilan terjadi dan  kamu mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis biasanya akan mendapatkan janin yang memiliki ukuran terlalu besar, hal tersebut bisa menyebabkan proses persalinan secara normal sulit karena ukuran bayi yang besar.

  • Melahirkan premature

Efek dari kenaikan berat badan yang sangat drastis juga bisa menyebabkan bayi kamu lahir secara premature. Kelahiran perematur ini cukup memiliki resiko besar kare bayi bisa tumbuh secara belum sempurna di dalam kandunga tapi bayi tersebut sudah harus di lahirkan, jika bayi lahir secara premature juga nantinya kamu perlu memberikan perhatian ekstra pada bayi tersebut.

Untuk menghindari beberapa hal buruk yang terjadi jika berat badan kamu akan naik secara drastis, kamu bisa melakukan hal- hal ini:

  • Pilih makanan yang sehat

Untuk mendapatkan makanan yang sehat kamu bisa memilih buah dan sayuran yang segar. Buah dan sayuran segar tersebut bisa kamu olah sebagai selingan makan. Untuk menjaga pencernaan kamu bisa mengkonsumsi roti dan sereal yang berbahan dasar gandum karena makanan tersebut tinggi akan serat yang bisa membuat pencernaan kamu lancar.

  • Hindari makanan olahan

Sebaiknya kamu menghindari dulu makanan dan minuman olahan ketika hamil karena bisanya makanan dan minuma olahan dalam kemasan mengandung gula buatan yang tinggi. Sebaiknya kamu juga menghindari untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki natrium dan zat aditif yang tinggi. Kamu juga sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi makanan ringan seperti snack jajanan, permen, es krim, dan sebagainya, dalam jumlah yang banyak.

  • Memakan masakan yang si masak di rumah

Memakan masakan yang di masak di rumah akan lebih sehat karena kamu bisa mengatur bahan bahan yang kamu gunakan. Sangat di sarankan untuk kamu tidak menggunakan minyak banyak saat memasak di rumah. Kamu bisa memasak makana dengan cara menumis, merebus, atau dengan steam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *