Perkembangan Anak 2 Tahun yang Ideal

Edulobo – Momen perkembangan anak 2 tahun merupakan masa si kecil sedang menggemaskan dan lucu-lucunya. Di usia 2 tahun, karakter si kecil mulai terbentuk serta berkembang menjadi diri mereka sendiri.

Tak sedikit anak di usia 2 tahun ini kerap meniru kebiasaan orang lain mulai dari cara berbicara, gerakan dan lainnya. Memasuki perkembangan anak di usia ini, terdapat beberapa keterampilan buah hati yang sebaiknya diperhatikan oleh setiap orang tua. Apa saja? Ini dia ulasannya!

Perkembangan Anak 2 Tahun yang Ideal

perkembangan anak 2 tahun

1. Keterampilan Motorik

Pada segi keterampilan gerakan, bisa dilihat perkembangan si kecil di usia 2 tahun sebaiknya sudah bisa melakukan aktivitas menendang bola, naik turun tangga dengan berpegangan, berjinjit, berdiri, melempar bola dan membawa mainan berukuran besar.

2. Kemampuan Berbicara

Berikutnya adalah kemampuan berbicara. Anak usia 2 tahun sebaiknya sudah bisa mengenali nama anggota keluarga, nama benda, mengucapkan 2-4 kata serta melakukan perintah sederhana. Disamping itu, pada usia ini biasanya mereka sudah mampu menirukan ucapan orang lain. Namun apabila anak belum menguasai keterampilan tersebut maka anda jangan khawatir sebab kemampuan berbicara masing-masing anak memang berbeda.

3. Keterampilan Emosional/ Sosial

Perkembangan anak usia 2 tahun pada umumnya masih belum mengenal konsep untuk berbagi. Sehingga jika anak belum mau berbagi mainan maka ini adalah hal yang wajar. Keterampilan sosial yang sebaiknya dimiliki antara lain menunjukkan sikap mandiri, suka meniru orang tua, senang bermain dengan teman dan bisa menolak.

Selain itu, anak usia 2 tahun ini sangat wajar mengalami tantrum sebagai cara mereka untuk mencoba menjadi pribadi yang lebih mandiri.

4. Keterampilan Berpikir/ Belajar

Di usia ini anak sebaiknya sudah mulai mengenal warna dan bentuk, melengkapi frasa atau kalimat sederhana, menemukan benda tersembunyi dan bisa melakukan dua instruksi di waktu yang hampir sama.

5. Perkembangan Fisik

Perkembangan ini meliputi tinggi dan berat badan. Balita 2 tahun biasanya bertambah sekitar 1,4 – 2,3 kg dalam setahun. Sedangkan tingginya sekitar 82,5 -93,3 untuk laki-laki dan 80-91,4 untuk perempuan.

Nah, demikian perkembangan anak 2 tahun yang sebaiknya diketahui oleh setiap orang tua dalam menemani tumbuh kembang mereka. Apakah si kecil sudah menunjukkan tanda perkembangan di atas? Semoga mereka bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *