Pilihan Face Mask Yang Ampuh Cegah Virus Corona

Edulobo – Saat ini masker menjadi benda wajib yang harus dikenakan. Masker berguna untuk mencegah penularan virus corona. Percikan air liur dari orang lain, bisa membuat kita tertular virus ini. apalagi kita tidak tahu orang mana yang positif dan tidak. Oleh karena itu harus selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Jenis masker semakin beragam memiliki fungsi dan keefektivitasnya yang berbeda-beda. Berikut ini pilihan face mask yang ampun cegah virus corona.

face mask

Masker N95

Masker N95 merupakan masker yang paling efektif mencegah penularan virus corona. Masker ini bisa melindungi bagian hidung dan mulut dengan baik. harganya pun relatif mahal dibandingkan dengan masker lainnya. masker ini tidak hanya bisa mencegah percikan airr liur, tapi juga partikel udara yang mengandung virus. Ketika digunakan akan ketat di wajah, karena memang di rancang khusus melindungi mulut dan hidung.

Walaupun tingkat keefektivitasnya tinggi, masker ini tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari. karena akan membuat sulit bernafas. Masker ini dikhususkan untuk tenaga medis yang bekerja di rumah sakit. Yang tingkat penularannya sangat tinggi. Terutama untuk petugas medis yang melakukan kontak langsung di ruang isolasi penderita covid 19.

Masker Bedah

Masker bedah pasti sering anda lihat sehari-harinya. Masker iniĀ  tingkat keefektivatasnya juga bagus. Walaupun belum sebagus Masker N95. Masker bedah memiliki lapisan yang bisa mencegah masukanya percikan air liur. Dibagian luar terdapat lapisan air air, bagian tengah filter kuman dan bagian dalam menyerap cairan yang keluar dari mulut kita.

Masker bedah sebaiknya digunakan untuk petugas medis di rumah sakit atau orang yang sedang sakit. Karena mereka juga lebih rentan tertular. Apalagi stok masker ini belum begitu banyak di pasaran. Sehingga harus di utamakan untuk para petugas medis dan orang sakit. Jika anda masih sehat, bisa gunakan masker kain. Atau cukup gunakan masker ini di tempat tertentu yang tingkat penularannya tinggi.

Masker Kain

Masker kain menjadi pilihan terakhir yang bisa anda gunakan. Terutama digunakan sehari-hari saat berada di luar rumah. Kementrian kesehatan RI juga menyarankan penggunaan masker ini sebagai pengganti masker bedah. Masker kain cukup efektif menghalau percikan air liur. Namun pastikan anda memilih masker kain yang tepat. sekarang banyak beredar masker kain yang jauh dari standar WHO. Sehingga tidak bisa menghalau percikan air liar dengan baik.

Masker kain yang baik minimal harus memiliki dua lapis. Akan lebih baik jika memiliki dua lapis, karena lebih efektif melindungi diri anda.selain itu perhatikan jenis kain yang digunakan. Pastikan nyaman dan tidak membuat engap. UkuranĀ  face mask sesuaikan dengan bentuk wajah anda. setiap masker memiliki keefektivitasnya yang berbeda-beda. Pilih sesuai kebutuhan kegiatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *