Rekomendasi Minyak Esensial yang Aman untuk Bayi

Edulobo – Minyak esensial banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, bagi semua umur termasuk untuk bayi. Terdapat berbagai macam minyak esensial yang bisa diberikan pada bayi. Namun tetap saja sebelum memberikannya, Anda perlu memperhatikan jenis dan aturan pemakaiannya aga terjaga keamanannya. Seperti halnya pemakaian pada ibu hamil, pemberian minyak esensial pada bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih tipis, sistem kekebalannya pun belum berkembang sempurna. Pada umumnya, bayi rentan mengalami gangguan kesehatan, misalnya keracunan jika pemberian minyak esensial tidak tepat.

Memilih Minyak Esensial yang Aman Bayi

Terdapat beragam pilihan untuk bayi yang dipercaya aman dan memiliki manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

minyak esensial

Chamomile

Minyak esensial chamomile untuk bayi bermanfaat untuk menenangkan sehingga mampu mengatasi masalah sulit tidur pada bayi. Tidak hanya itu, minyak esensial chamomile juga terbukti mampu menenangkan bayi yang sedang rewel. Minyak chamomile yang dicampur dengan minyak lavender juga mampu meredakan gejala kolik yang dialami bayi.

Lavender

Minyak esensial lavender dapat dioleskan pada kulit bayi yang digigit serangga atau nyamuk. Minyak lavender dipercaya dapat meredakan gatal. Tak hanya itu, mengoleskan minyak lavender pada bayi juga dapat menjadikan tidur bayi lebih nyenyak. Penelitian terbaru saat ini mengungkapkan bahwa lavender efektif dalam mengatasi gejala kolik pada bayi.

Eucalyptus Radiata

Minyak eucalyptus jenis radiata aman untuk diberikan pada kulit bayi dan diklaim mampu melegakan pernafasan, di terutama bayi yang sedang pilek. Minyak eucalyptus mirip dengan minyak kayu putih dan mampu menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk.

Tea Tree Oil

Minyak esensial tea tree oil dipercaya mengandung antimikroba alami dan antijamur. Campuran beberapa tetes tea tree oil dalam minyak alami lain bisa mengatasi ruam popok dan infeksi jamur. Tetapi dikarenakan minyak esensial ini cukup keras, maka sebelumnya lakukanlah dahulu tes pada sebagian kecil kulit bayi guna melihat reaksinya.

Disarankan untuk menghindari penggunaan tea tree oil pada bayi berusia kurang dari 6 bulan.

Mandarin atau Citrus Reticulata

Hampir mirip dengan minyak lavender, minyak Mandarin memiliki efek menenangkan sehingga mampu mengatasi bayi yang sulit tidur di malam hari. Dibandingkan dengan minyak esensial jeruk lainnya, minyak Mandarin memiliki aroma yang lebih manis dan bersifat lebih ramah di kulit sehingga tidak mudah menyebabkan iritasi kulit.

Aturan Pemberian Minyak Esensial pada Bayi

Walaupun minyak esensial yang disebutkan di atas aman, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan minyak esensial pada bayi, diantaranya adalah :

Cek label kemasan

Ketika membeli minyak esensial, cek lah bagian label kemasan terlebih dahulu. Pemberian minyak esensial harus sesuai dengan aturan pemakaiannya, cara z khasiat dan kecocokannya terhadap tubuh bayi. Pada label kemasan Anda dapat mengetahui apakah mengandung alkohol atau wewangian sintetis yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Pilihlah yang benar-benar murni mengandung minyak esensial.

Cek Umur Bayi

Untuk penggunaan yang lebih aman, gunakanlah minyak esensial pada bayi di atas 3 bulan. Bahkan ada beberapa minyak esensial yang tidak menganjurkan penggunaannya pada bayi di bawah 6 bulan.

Encerkan Minyak Esensial Sebelum Digunakan

Takaran untuk mengencerkan minyak esensial tergantung pada umur bayi. Untuk bayi di atas 3 tahun, rasio pengenceran yang aman digunakan adalah 0,5-1%.

Oleskan Sedikit demi Sedikit

Oleskan minyak esensial sedikit demi sedikit, jika dalam jangka waktu 24 jam terjadi reaksi kulit berupa peradangan atau kemerahan, maka hentikan pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.