Resep Cimol Yang Kopong Dan Anti Meledak Saat Digoreng

Edulobo – Jajanan yang terbuat dari tepung kanji atau yang biasa disebut aci di Kota Bandung memang tidak ada habisnya. Setiap saat selalu ada jajanan-jajanan baru yang terbuat dari tepung kanji ini. Tapi salah satu jajanan dari aci yang sudah lama ada di Bandung adalah Cimol yang merupakan singkatan dari “Aci Digemol” yang memiliki arti aci yang dikunyah.

Siapa yang tidak suka dengan jajanan ini ? Jajanan ini menjadi semilan favorit banyak orang karena memiliki bentuk bulat yang kriuk dan jika digigit dalamnya terasa kopong. Biasanya jajanan cimol ini disajikan dengan bumbu bubuk pedas asin ataupun saus.

Jajanan seperti ini cimol ini sebenarnya sangat mudah ditemui terutama di daerah sekolahan karena pembelinya rata-rata anak berusia sekolah. Tetapi karena pandemic membuat kegiatan sekolah dihentikan sementara akhirnya para pedagang jajanan inipun ikut berhenti berjualan karena rata-rata pembelinya anak sekolah.

Tapi jangan khawatir untuk kamu yang rindu dengan citarasa dari jajanan cimol ini, mending yuk kita buat cimol ini sendiri dirumah. Kita hanya tinggal megikuti resep dan cara membuat cimol berikut supaya cimol yang kita buat kopong dan tidak meledak saat digoreng, persis seperti yang dijual di penjual cimol.

resep dan cara membuat cimol

Sebelum memulai siapkan dulu bahan-bahan berikut ini :

  • 150 gram tepung kanji / tepung tapioka
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • ½ sendok teh bumbu penyedap
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih halus
  • 150 ml air panas
  • Minyak goreng secukupnya

Setelah mempersiapkan bahan-bahan berikut, jangan lupa menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat cimol seperti, wadah besar, spatula, dan juga wajan untuk menggoreng nanti. Barulah kita masuk ke proses pembuatan cimol ini.

  1. Siapkan wadah untuk menaruh semua bahan-bahan diatas menjadi satu. Masukan semua bahan kecuali minyak goreng dan juga air panas. Kemudian aduk-aduk semua bahan sampai merata.
  2. Setelah adonan bahan masuk ke wadah masukan juga air panas sedikit demi sedikit kedalam wadah adonan tersebut. Aduk-aduk terus dengan menggunakan spatula sampai semua adonannya tercampur rata. Lalu diamkan adonan sampai sedikit dingin.
  3. Setelah adona dingin lalu ambil sedikit demi sedikit adonan lalu dibulat-bulatkan dan jangan lupa bagian luanya diberi taburan tepung tapioka agar nantinya tekstur cimol ini kenyal dan tidak lengket.
  4. Setelah semu adonan dibulat-bulat maka Langkah selanjutnya yaitu menggoreng adonan cimol.
  5. Siapkan minyak didalam waja penggorengan lalu masukan cimolnya satu persatu. Setelah adonan cimol masuk barulah api kompor dinyalakan dengan api kecil saja agar cimol tidak meledak saat di goreng.
  6. Goreng cimol perlahan dengan api kecil sampai cimol terlihat mulai mengering.
  7. Setelah cimol matang, angkay lalu tiriskan minyaknya.
  8. Cimol pun sudah siap untuk disajikan, untuk menambah citarasanya anda bisa menambahkan bumbu tabur sesuai dengan selera anda masing-masing.

Bagaimana ? setelah melihat resep ini apakah anda tertarik untuk mencoba membuat cimol kopong anti meledak sendiri dirumah ? resep cimol ini sangat murah meriah tetapi hasil yang didapatkan dari satu resep sangatlah banyak.

Siapa tau dengan mencoba resep cimol ini juga akan membuka peluang usaha untuk menjual cimol karena modal membuat makanan ini sangat ekonomis. Rasa dari cimol ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *