Resep Kulit Dimsum Yang Lentur Dan Tidak Mudah Robek

Edulobo – Dimsum memang merupakan salah satu jajanan yang saat ini menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya dijual di restoran mewah tetapi saat ini dimsum juga banyak dijual di  kaki lima. Varian dari dimsum inipun saat ini sudah semakin banyak jenis dan juga toopingnya, tentunya ini membuat para pecinta dimsum semakin senang.

Biasanya cara penyajian dimsum di negeri asalnya yakni China ini disajikan hanya pada acara – acara tertentu seperti pernikahan atau acara keluarga. Namun saat ini dimsum bisa dengan mudah ditemukan dan disantap kapanpun. Citarasa dimsum yang lezat membuat siapapun suka menyantap hidangan yang satu ini.

Saat ini untuk bisa menikmati dimsum kamu bisa membeli yang sudah dalam kemasan frozen ataupun kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Cara membuat dimsum ini juga tidaklah sulit karena isiannya hanya cukup mencampurkan gilingan daging ayam, udang, dan juga tepung tapioka secukupnya.

Namun biasanya skill atau keahlian khusus itu dibutuhkan saat hendak membuat kulit luar dimsum. Kulit dimsum haruslah dibuat setipis mungkin tetapi tetap kuat dan tidak mudah sobek agar isiannya tidak berantakan saat dikukus. Untuk itu diperlukan beberapa teknik khusus dalam pembuatan kulit dimsum ini.

Agar dimsum buatan kamu tidak gagal, yuk kita simak juga resep kulit dimsum yang lentur dan tidak mudah sobek. Berikut cara pembuatan yang bisa kamu ikuti.

resep kulit dimsum

Cara Membuat Kulit Dimsum

Siapkan dahulu bahan – bahan berikut ini :

  • 120 gram tepung terigu
  • 65 gram air hangat
  • ½ sdt garam
  • 15 – 20 tetes pewarna makanan warna kuning

Kemudian siapkan alat – alat berikut ini :

  • Wadah besar
  • Gelas
  • Rolling pin
  • Plastic wrap
  • Ring cutter atau cetakan bulat

Setelah semua alat dan bahan diatas disiapkan, barulah kita masuk ke tahap pembuatan berikut ini :

  1. Siapkan satu gelas air kemudian larutkan garam kedalam air tersebut, setelah itu beri tambahan pewarna makanan berwarna kuning.
  2. Kemudian masukan tepung terigu kedalam wadah yang sudah disediakan lalu campurkan juga larutan garam dan pewarna yang sebelumnya sudah dibuat dan aduk – aduk sampai semuanya merata menggunakan sumpit.
  3. Setelah itu uleni adonan tersebut sampai semuanya tercampur rata. Setelah semuanya merata bungkus adonan menggunakan plastic wrap dan diamkan selama kurang lebih 1 jam agar nanti adonan lebih mudah saat dibentuk.
  4. Setelah didiamkan selama 1 jam kemudian ambil adonan dan bagi menjadi 4 bagian kemudian lumuri dengan tepung maizena dan juga tepung tapioka.
  5. Kemudian setelah itu gulung adonan dengan menggunakan rolling pin sampai adonan melebar. Setelah melebar bagi – bagi kembali adonan menjadi 16 – 20 bagian. Kemudian setelah itu bulat – bulatkan kembali adonan tersebut dengan gerakan memutar.
  6. Setelah itu jangan lupa taburi lagi setiap bagian adonan tersebut dengan menggunakan tepung maizena. Setelah itu giling kembali sampai adonan menipis dan potong adona dengan menggunakan ring cutter sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Atau kamu bisa juga menggunakan cetakan bulat untuk membuat kulitnya.
  7. Jangan lupa taburi setiap lapisan kulit dengan maizena agar adonan kulit tidak menempel satu sama lain.
  8. Setelah itu kulit dimsum pun sudah siap untuk diisi dengan isian dimsum. Atau kamu juga bisa menyimpannya dulu di kulkas jika belum digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *