Resep Masakan Indonesia Dijamin Enak

Edulobo – Masakan Indonesia tidak semuanya dibuat dengan rumit. Banyak masakan Indonesia yang bisa dibuat dengan mudah juga. Jadi anda bisa memasaknya di rumah. Mulai sekarang anda bisa memakan masakan Indonesia dengan mengikuti resep yang mudah. Anda patutnya belajar dari sekarnag agar nanti sudah menikat tidak bingung lagi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan Indonesia juga tidak semuanya harus bahan yang ada di supermarket atau pasar tradisional. Di tukang sayur dekat rumah juga bisa mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut beberapa resep masakan murah dan hemat dijamin enak dan mudah.

resep masakan murah dan hemat

1. Pindang Ikan Kuah Kuning

Resep yang satu ini berasal dari kota Palembang. Makanan ini memiliki rasa gurih, asam dan pedas yang menyatu di dalamnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ikan patit 2 ekor ukuran sedang. Siapkan bumbu pindang kuning berupa kunyit 2 ruas jari, serai 2 batang, kemiri 3 buah, bawang putih 3 buah, bawang merah 3 buah, lada kasar 5 butir, jahe 1 ruas jari dan cabe keriting 5 buah. Siapkan asam jawa 3 buah, tomat 2 buah dan daun kemangi 1 ikat.

Haluskan atau ulek kunyit, bawang putih, bawang merah, cabe emrah, serai, kemiri, jahe dan ladanya. Setelah itu siapkan panci berisi air lumayan banyak. Masukkan bumbu dan ikan patit yang sudah dipotong jadi 3 bagian dan dicuci. Masukkan garam, gula, penyedap rasa, asam jawanya aduk rata. Daun kemangi dan tomat dicuci bersih dan potong. Masukkan ke dalam sayur pindang ikannya. Cicipi rasa dan tambahkan apa yang kurang.

2. Ikan Tongkol Kuah Santan Ijo Nyemek

Pernahkah anda memakan ikan yang berasal dari laut ini? Jika belum anda harus cicipi ikan tongkol dimasak dengan kuah santan cabe ijo nyemek ini. Rasanya enak, gurih dan pedas sempurna. Bahan yang duperlukan adalah ikan tongkol 3 buah ukurang agak besar. Untuk bumbunya yaitu bawang merah 2 siung, bawang putih 4 siung, cabe ijo 5 buah dan garam. Siapkan santan kelapa 250 ml dan air biasa.

Ikan tongkolnya dibumbui dahulu dengan garam dan perasa jeruk lemon agar tidak amis. Setelah itu goreng ikan tongkolnya dan sisihkan. Bumbu yang ada diatas diulek atau blender hingga halus. Sekarang ditumis dan tambahkan santan dan air sedikit saja. Jika sudah masukkan ikan tongkolnya dan masak hingga nyemek.

3. Balado Ikan Kembung

Ikan kembung adalah ikan yang lebih kaya omega 3 dari pada ikan salmon. Jadi konsumsi saja ikan kembung yang harganya jauh lebih mudah dari pada ikan salmon. Olah menjadi balado ikan kembung enak sekali. Bahan yang dibutuhkan ikan kembung 1 kg, cabe emrah keriting 7 buah, tomat segar 1 buah, bawang merhah 6 siung, bawang putih 4 siung dan gula merah 1 buah. Siapkan penyedap rasa bubuk ayam dan garam.

Bersihkan ikan kembungnya dan bumbui dengan garam. Goreng ikan kembung hingga matang dan sisihkan. Ulek bawang merah, cabe emrah keriting, bawang putih dan tomat hingga halus. Tambahkan garam dan ulek lagi. Tumis bumbu yang sudah diulek dan tambahkan irisan gula merah. Aduk hingga mengental dan tambahkan penyedap rasa ayam bubuk jangan lupa. Aduk lagi dan masukkan ikan kembung goreng. Diaduk dengan api yang kecil saja dan sajikan ikan kembung baladonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *