Tips Membuat Bubur Bayi Usia 6 Bulan Agar Gizi Makanan Tidak Hilang

Edulobo – Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, maka Anda sebagai orang tua harus mulai memberikannya makanan pendamping atau MPASI. Bubur bayi menjadi salah satu makanan yang paling banyak diberikan. Ya, selain mudah dibuat, bubur bayi usia 6 bulan juga cenderung lebih mudah dicerna oleh bayi.

Nah, berbincang tentang bubur bayi, ada beberapa tips untuk membuat makanan ini yang perlu diketahui agar gizi yang terkandung tidak hilang. Tips ini tentu saja penting agar Anda bisa berhati-hati ketika hendak membuat bubur untuk bayi kesayangan Anda.

Bagaimana saja tips yang dimaksud tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

bubur bayi usia 6 bulan

1. Menggunakan peralatan yang sesuai

Salah satu tips membuat bubur bayi agar nutrisi makanannya tidak hilang adalah dengan menggunakan peralatan yang sesuai. Dalam hal ini, beberapa peralatan yang secara umum digunakan adalah slow cooker, panci, blender dan saringan.

Secara khusus, slow cooker memang cenderung lebih disarankan untuk memudahkan membuat bubur bayi. Namun, jika Anda tidak memilikinya, maka pastikan kebersihan alat yang digunakan tersebut.

2. Hindari memasak terlalu lama

Saat hendak membuat bubur bayi, maka Anda tidak boleh memasaknya terlalu lama. Proses memasak yang terlalu lama hanya akan membuat nutrisi yang terkandung dalam bubur bayi menjadi hilang.

3. Hindari menggunakan garam dan gula

Tujuan pemberian MPASI selain melengkapi nutrisi adalah mengenalkan rasa. Oleh karenanya, saat membuat bubur bayi, hindari menggunakan garam dan gula. Kedua bahan ini akan membuat rasa bahan makanan tidak lagi asli dan tentu hal tersebut akan membuat rasa asli hilang serta nutrisi berkurang.

4. Pastikan jika makanan matang

Meskipun Anda tidak boleh memasak bahan bubur bayi terlalu lama, namun pastikan jika bahan makanan tersebut makan sempurna. Hindari memberikan makanan setengah matang pada bayi. Hal ini penting karena bisa jadi ada bakteri yang belum mati dari bahan makanan yang dimasak setengah matang.

Nah, beberapa tips di atas cukup mendasar dan penting untuk membuat bubur bayi usia 6 bulan. Sebagai tambahan, Anda bisa saja membeli bubur bayi yang banyak dijajakan. Namun, ada baiknya jika Anda membuat sendiri untuk memastikan kelengkapan nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *