Yuk Simak Tips Memandikan Bayi Baru Lahir di Sini

Edulobo – Memandikan bayi baru lahir tentu merupakan sebuah pengalaman manis dan berharga bagi ayah dan bunda. Namun sebagian besar orang tua masih takut dalam melakukannya, terutama jika ini adalah anak pertama mereka. Karena tubuh bayi yang masih rentan, kecil, dan lunak, maka anda memang perlu ekstra hati hati. Semua perlengkapan bayi baru lahir untuk mandi dari mitu baby juga harus dipersiapkan dengan baik, sebelum acara memandikannya dimulai.

Panduan Memandikan Bayi Baru Lahir

perlengkapan bayi baru lahir

1. Siapkan Bak Mandi untuk Bayi

Bayi yang baru lahir memang belum perlu dimandikan sebelum tali pusarnya terlepas, karena bayi masih memiliki lapisan lemak yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuhnya. Sebelum tali pusar tersebut lepas, anda bisa membersihkan bayi dengan tisu basah mitu baby non alcohol, atau menggunakan kain lap. Setelah tali pusarnya lepas, barulah bayi anda bisa dimandikan dengan cara dimasukkan ke dalam bak mandi yang telah diisi air.

Sebaiknya gunakan air hangat dengan suhu yang seimbang, jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Mulailah dengan mengumpulkan perlengkapan bayi baru lahir untuk mandi yang dibutuhkan, seperti handuk, popok baru, serta pakaian bersih. Letakkan barang barang tersebut dekat dengan tempat anda mengganti popok nantinya. Siapkan juga alas sebagai tempat untuk mengeringkan si kecil, jangan terlalu jauh agar bayi tidak kedinginan dalam waktu lama.

Pastikan ruangan yang anda gunakan untuk memandikan buah hati berada pada suhu normal yang nyaman. Sebaiknya matikan kipas atau AC agar bayi tidak kedinginan, lalu siapkan perlengkapan mandi mitu baby mulai dari sabun, shampo, cologne, dan lainnya. Setelah semua siap, buka baju bayi lalu topang bagian kepala dan bahu dengan satu tangan. Sokong bagian bawah tubuh dengan menggunakan tangan lainnya, kemudian masukkan bayi ke dalam bak.

2. Langkah Memandikan Bayi Baru Lahir

Saat memandikan bayi baru lahir, anda tidak perlu melepaskan tangan yang menopang bagian kepala. Lalu mulai basahi kapas dengan air hangat, kemudian bersihkan area kelopak mata si kecil secara perlahan. Usap secara perlahan mulai dari bagian dalam mata hingga keluar, dan gunakan kapas yang baru untuk masing masing mata bayi. Lalu keluarkan sedikit cairan sabun bayi mitu baby untuk memandikan seluruh badan, kemudian bilas dengan air secara perlahan.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memandikan bayi, karena bayi bahkan bisa saja tenggelam di air yang dangkal meski hanya dengan ketinggian 5 cm. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan. Setelah menggunakan sabun mitu baby, bilas hingga bersih tubuh bayi agar tidak licin dan mudah tergelincir dari pegangan anda. Lalu pastikan semua perlengkapan bayi baru lahir setelah mandi sudah anda siapkan sebelumnya.

Setelah bayi dimandikan, anda bisa menggunakan cologne mitu baby yang teruji secara klinis hypoallergenic dan tanpa kandungan alkohol. Penggunaan cologne ini dapat membuat bayi terus merasa segar sepanjang hari, dan menstimulasi indra penciuman si kecil. Anda bisa menggunakan produk mitu baby sweet pink yang memiliki aroma lembut khas bayi, atau mitu cologne fresh green yang memiliki aroma segar untuk buah hati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *